Study Dokumen Masalah Sosial Masyarakat Nelayan


        Study Dokumen Masalah Sosial Masyarakat             Nelayan


 Nama Anggota:
  1. Silfiya chandrayani
  2. Intan Nuraini
  3. Ririn Novita Sari
  4.kharisma Dwi S.
  5.Nurul Nikmah
  6. khasanah
Kelas: Xi IPS 4

 Tulisan ini merupakan hasil studi dokumen tentang masalah sosial masyarakat nelayan yang bersumber dari internet sejumlah 5 artikel dan artikel diidentifikasi.
Kami mengambil masalah-masalah sosial masyarakat nelayan.Berdasarkan identifikasi 5 artikel tentang masalah sosial masyarakat nelayan maka kami temukan masalah-masalah sosial masyarakat nelayan.
Masalah-masalah yang terjadi di masyarakat nelayan adalah  sebagai berikut ini:
1.tekanan sosial
    Masyarakat nelayan mengalami tekanan sosial karena mereka tidak sama dengan orang-orang pada umumnya sehingga tidak semua kelompok mau menerimanya tekanan sosial muncul dari berbagai pihak terutama dari masyarakat luar komunitasnya dalam pandangan masyarakat nelayan dianggap sebagai rakyat jelata yang hidup sehari-harinya berada dalam deburan ombak dan pasir di pantai serta bergelut dengan kehidupan laut.2.tingkat kesejahteraan rendah
Tingkat kesejahteraan para nelayan pada saat ini masih dibawah sektor sektor lain termasuk sektor pertanian agraris. Khususnya nelayan buruh dan nelayan tradisional merupakan kelompok masyarakat yang dapat digolongkan sebagai lapisan sosial yang miskin di dalam sektor pertanian.

Karakteristik sosial ekonomi masyarakat pesisir yaitu bahwa sebagian besar pada umumnya masyarakat pesisir bermata pencaharian di sektor kelautan seperti nelayan, pembudidaya ikan, penambangan pasir dan transportasi laut. Dari segi tingkat pendidikan masyarakat pesisir sebagian besar masih rendah. Serta kondisi lingkungan pemukiman masyarakat pesisir, khususnya nelayan masih belum tertata dengan baik dan terkesan kumuh. Dengan kondisi sosial ekonomi masyarakatyang relative berada dalam tingkat kesejahteraan rendah, maka dalam jangka panjang tekanan terhadap sumberdaya pesisir akan semakin besar guna pemenuhan kebutuhan masyarakat pesisir.
Berdasarkan hasil analisis dokumen yang  kami lakukan maka dapat kami simpulkan bahwa Kondisi kehidupan sosial masyarakat merupakan masyarakat yang mayoritas penghasilannya sehari-hari dari hasil laut aktivitas sehari-hari masyarakat adalah menangkap ikan dan mengumpulkan hasil laut. Umumnya hidup di kawasan pesisir laut sangat dipengaruhi oleh kondisi alam yang tidak menentu terutama terjadinya angin gelombang laut dan pasang surut air laut sehingga aktivitas melaut terganggu dan tidak terjadi sepanjang masa secara otomatis penghasilan masyarakat pesisir akan menurun dan membuat mereka dikatakan dengan kemiskinan.

http://blog.unnes.ac.id/najib23/kehidupan-nelayan-di-rembang

https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/nawawimnoer/5ab89b56dd0fa868be7e2612/sosial-ekonomi-masyarakat-pesisir

https://www.google.com/amp/s/www.mongabay.co.id/2019/02/12/nelayan-dan-masyarakat-pesisir-terdampak-perubahan-iklim/amp/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Masalah Sosial Pada Masa pandemi Covid-19

Biaya Hidup di Masa Pandemi Covid-19